Blog post

Mengurus perpanjangan SIM luar kota di Taman Bungkul Surabaya

January 23, 2018januarfonti

Ketika tanggal ulang tahun sudah semakin dekat jangan lupa untuk mengecek masa berlaku SIM dan KTP kamu. Bisa dipastikan tanggal dan bulan habisnya masa berlaku SIM dan KTP kamu sama dengan tanggal lahir. Kebetulan tahun 2018 ini SIM C saya habis masa berlakunya.

Nah karena saat ini saya bekerja di Surabaya dan SIM saya SIM Malang kemudian saya biasanya baru pulang ke Malang hari Sabtu, browsing2 lah saya tentang perpanjangan SIM luar kota. Akhirnya dapat info kalau untuk di Surabaya, perpanjangan SIM luar kota bisa dilakukan di pelayanan SIM keliling  taman bungkul.

Pelayanan SIM keliling di taman bungkul kalau menurut tulisan di mobilnya buka dari jam 09.00 sampai 14.30. Untuk persyaratannya sebagai berikut :

  • KTP dan SIM yang masih berlaku
  • Fotokopi KTP dan SIM
  • Surat keterangan sehat

Perlu diperhatikan, untuk pelayanan SIM keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan C. Untuk surat keterangan sehat nya, saya urus sehari sebelum melakukan perpanjangan. Ketika jam istirahat kantor, saya langsung menuju ke puskesmas sawahan jalan arjuno karena tidak terlalu jauh dari kantor. Pengurusan surat keterangan sehat disana sangat cepat. Saya datang langsung melakukan pendaftaran tidak lama sudah dipanggil untuk cek kesehatan. Cukup 10 ribu rupiah surat keterangan sehat sudah bisa didapatkan.

Besok hari nya saya ijin setengah hari dan datang ke taman bungkul jam 7.45 pagi. Di taman bungkul banyak orang yang sudah datang untuk mengurus walaupun mobil pelayanan SIM keliling nya belum datang. Yang ditunggu2 akhirnya datang juga sekitar jam 8.20 yang kemudian kami disuruh antri untuk mengumpulkan syarat2 yang dibutuhkan.

Setelah selesai antri, kita akan satu persatu dipanggil sesuai antrian tadi untuk dibagikan formulir perpanjangan SIM dan melakukan pembayaran sebesar 30 ribu untuk asuransi nya.

Ketika formulir sudah diisi, kita akan dipanggil 1 kloter 3 orang untuk masuk ke dalam mobil pelayanan SIM kelilingnya. Didalam mobil, saya menunggu antrian untuk foto dan cetak SIM yang baru. Oh iya, untuk biaya perpanjangan SIM C sebesar 75 ribu dan dilakukan ketika didalam mobil. Tanpa menunggu lama didalam mobil, SIM baru pun sudah jadi.

Diluar mobil terdapat bapak2 yang melayani jasa laminasi untuk SIM yang baru dicetak. Jasa ini adalah opsional, untuk biaya laminasi nya adalah 5 ribu perkartu. Lumayan lah bisa buat SIM gak cepat ilang tulisannya.

SIM baru pun telah ditangan, proses perpanjangannya juga tidak ribet asal persyaratannya lengkap. Tips aja mending datang sekitar jam 8 biar bisa langsung ikut antrian yang pagi hari, soalnya tadi banyak yang baru datang jam 9-10 an sudah tidak bisa ikut antrian yang pagi. Okay, kalau ada pertanyaan feel free to comment 😀

Comments (5)

  • nita

    March 28, 2018 at 3:09 pm

    terimakasih infonya! saya juga asal malang yg sedang kuliah di sby. sebelum kita ke bungkul, tidak perlu registrasi sim online kah? cukup menuju sim keliling bungkul saja membawa persyaratan seperti yg dijelaskan sebelumnya? trims

    1. januarfonti

      March 28, 2018 at 3:22 pm

      Halo nita,

      Tidak perlu registrasi online kok, cukup langsung kesana aja. Tapi pastikan syarat2nya sudah lengkap ya 🙂

    2. Rika

      April 11, 2018 at 11:47 am

      Katanya ada yg bilang memperpanjang sim gk pake surat keterangan kesehatan. Apa bener?

  • Wiwin Sriwaningsih

    March 29, 2018 at 6:32 am

    Apakah setelah qta mengisi form perpanjangan sim tsb, form dikumpulkan lagikah atau dibawa masuk ke mobil saat qta dipanggil? Terima kasih

    1. januarfonti

      March 31, 2018 at 2:12 pm

      Halo wiwin,

      Setelah kita ngisi form perpanjangan, nanti kita akan dipanggil satu persatu ke dalam mobil untuk foto dan formulirnya dikumpulin pas di dalam mobil.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prev Post Next Post